Masjid An Nurumi

Negara Indonesia ini sangat terkenal dengan berbagai macam masjid yang memiliki keindahan serta kemegahan suatu bangunan masjid. Keindahan masjid yang ada di negara Indonesia tidak kalah menariknya dengan masjid masjid yang ada di luar negeri. Tidak hanya indah saja namun bangunan masjid yang ada di negara kita juga ada yang terbilang unik. Salah satu masjid yang terbilang unik di Indonesia sendiri ialah Masjid An Nurumi. Untuk menciptakan kubah masjid yang indah tentu dibutuhkan seorang pembuat kubah masjid yang sudah ahli dibidangnya.

Keunikan Masjid An Nurumi

Masjid Masjid An Nurumi ini berdiriĀ  atas nazar dari keluarga Hajad Umi Nursalim ketika pulang dari umroh kemudian beliau pergi ke rusia dan melihat sebuah bangunan Katredral Saint Basil, maka seja itu beliau berkeinginan untuk mendirikan masjid yang menyerupai bangunan itu. Bukan hanya di Rusia saja yang memiliki bangunan kubah masjid yang bisa dibilang besar namun di Indonesia juga ada bangunan kubah yang besar berwarna warni. Bangunan Masjid An Nurumi ini tidak begitu besar dengan bangunan masjid yang ada di Rusia. Berikut beberapa keunikan yang ada di Masjid An Nurumi di Jogjakarta.

  1. Memiliki Kubah dengan 9 menara.

Masjid An Nurumi ini dibangun dengan 9 buah menara yang memiliki makna yakni jumlah penyebar agama islam di tanah jawa yang dilaksanakan oleh wali songo.

  1. Memiliki Kubah Warna Warni

Masjid An Nurumi biasanya disebut dengan sebutan dengan masjid permen karena kubahnya yang berwarna warna mirip dengan sebuah permen. Bahkan ada juga yang mengira bahwa masjid ini adalah sebuah toko oleh oleh.

  1. Kaligrafi Al- Qur’an pada kubah

Biasanya hiasan kaligrafi terletak pada bagian dinding bangunan masjid, namun di Masjid An Nurumi ini kaligrafi dilukis pada kubah terbesar di masjid ini. Dan yang menambah kesan menariknya adalah cat dari lukisan kaligrafi ini memakai cat warna warni.

Meskipun ukurannya tidak begitu besar tetapi masjid ini sangat memberikan banyak manfaat bagi warga sekitar untuk melaksanakan ibadah.

Arsitektur Masjid An Nurumi

Biasanya arsitektur pada bangunan masjid menggunakan warna yang netral namun berbeda dengan masjid Masjid An Nurumi ini yang memiliki kubah berwarna warni. Pemilihan warna yang dipadukan pada nagunan kubahnya adalah warna warni seperti halnya warna biru, kuning, hijau, merah serta putih. Meskipun memakai warna cat yang beragam tetapi malah bagus untuk dipandang serta memiliki keunikan tersendiri. Selain itu bangunan menara serta kubahnya diberi motif motif yang juga tidak biasa yakni motif garis garis, motif zigzag serta dihiasi dengan selingan warna yang begitu bermacam macam. Sehingga hasilnya seperti permen lolipop. Bangunan Masjid An Nurumi ini jika dilihat mungkin kita mengiranya adalah toko oleh oleh tapi jika sudah didatangi akan terlihat seperti masjid. Masjid An Nurumi ini merupakan bangunan yang mirip seperti Katedral St. Basil yang berada di Moskow, Rusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *